RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Indonesia Melek Finansial

Indonesia Melek Finansial

Ahad, 24 Juni 2012 10:15 wib

Okezoners , profesi perencana keuangan baru tumbuh ketika terjadi krisis moneter dengan ambruknya bank-bank di Indonesia sejak 1998. Walau di luar negeri, profesi ini sudah memainkan perananya era dasawarsa 80-an.

Perencana keuangan, adalah para 'pencerah keuangan' dalam konteks yang lebih mikro, yakni diri, keluarga ataupun perusahaan. Karena dalam konteks mikro inilah, peranannya untuk mengedukasi masyarakat sangat besar. Selama ini, ketika bicara keuangan seperti ada sebuah hal tabu untuk diungkapkan, dan masyarakat terkesan malu-malu jika berhadapan dengan perencana keuangan.

Seperti juga profesi seorang dokter, perencana keuangan bisa tahu, paham dan sadar apa saja penyakit-penyakit keuangan yang diderita oleh klien-klien mereka. Untuk itu perlu ditegakkan sebuah kode etik yang mengatur para perencana keuangan agar tetap dalam sebuah koridor independensinya.

Salah satu wadah secara nasional dalam menegakkan kode etik tersebut adalah IFPC (Indonesia Financial Planner Club) yang sudah berdiri sejak 2009. Walau terhitung muda, wadah yang saat ini membawahi 12 firma biro perencana keuangan independen, PT MRE (Mitra Rencana Edukasi) sebagai salah satu anggotanya, merupakan 'dokter dan polisi' yang bisa memandu masyarakat untuk bisa dan yakin menyerahkan 'rahasia' keuangannya untuk diberi solusi agar bisa menghasilkan pertumbuhan yang signifikan.

Salah satu fungsi dari IFPC adalah mengedukasi masyarakat tentang keuangan, PT MRE sebagai salah satu motor penggerak dari masyarakat untuk bisa melek keuangan (financial literacy ). Apa saja yang ditawarkan kepada masyarakat untuk bisa melek finansial tersebut, PT MRE memberikan pelatihan gratis secara kontinyu untuk volunteer atau relawan yang bisa menyisihkan waktunya setiap 1 pekan sekali mempelajari dasar-dasar perencana keuangan.

Dengan memahami dasar-dasar dari perencanaan keuangan, para relawan bisa membuat Financial Check Up baik untuk diri sendiri maupun keluarganya, serta bisa membagi ilmunya kepada komunitas yang akan dibentuk di setiap daerah yang menjadi tempat tinggal atau territory dari relawan tersebut.

Okezoners bisa Anda bayangkan, jika masing-masing satu relawan bisa menduplikasi lima saja kepada teman, saudara, keluarga dan orang-orang yang dikenal, maka buta aksara finansial yang terjadi di negeri ini akan cepat terselesaikan. Kita lihat berapa banyak orang-orang yang bekerja, setiap bulannya hanya menghabiskan uangnya sebelum akhir bulan. Dan selalu mengeluh karena sedikitnya pendapatan.

Mungkin iya, sedikitnya income yang masuk, tetapi bisa juga dari cara mengelola keuangan yang belum lancar, hingga baru beberapa hari setelah menerima gajian selalu kehabisan. Untuk itulah, gerakan sosial Indonesia Melek Finansial ini bisa terus menggelinding bak bola salju perubahan untuk Indonesia yang lebih baik. Anda tertarik bergabung di gerakan sosial Indonesia Melek Finansial? Silakan sms ke no 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Diasuh oleh:
Hari ‘Soul’ Putra
(Community Specialist, Penulis Buku Laris WealthFlow 19-Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia, 2012, untuk pemesanan buku bisa sms ke 0815 1999 4916).

Follow Twitter: twitter.com/h4r1soulputra

Sumber http://economy.okezone.com/read/2012/06/24/315/652639/indonesia-melek-finansial

Copyright © 2019 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved