RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Konferensi Pers bersama Hari Soul Putra : Bekraf Kenalkan BISMA ke Pelaku Ekraf Padang

image

Oleh Redaksi Bekraf

Bekraf, Padang – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan BIGGER (BISMA Goes To Get Member) Padang di Kyriad Bumiminang Hotel pada Kamis (20/6/2019). Padang merupakan kota keempat pelaksanaan BIGGER 2019, setelah Bogor, Malang, dan Palembang.

 

BIGGER merupakan program sosialisasi platform BISMA (BEKRAF Information System in Mobile Application) kepada pelaku ekraf di Indonesia. BISMA merupakan platform unggulan bagi pelaku kreatif untuk mendaftarkan diri maupun usaha ke database resmi Bekraf melalui aplikasi BISMA yang dapat diunduh melalui android maupun ios atau  melalui website BISMA  https://bisma.bekraf.go.id/.

 

Platform BISMA memberikan keuntungan kepada pelaku ekraf diantaranya Be Updated dimana pelaku ekraf bisa mendapatkan informasi dan agenda terkini seputar kegiatan ekonomi kreatif yang difasilitasi oleh Bekraf. Be Marketed karena BISMA menyediakan etalase untuk memperkenalkan produk-produk ekonomi kreatif.

 

Be Supported dimana pelaku kreatif yang terdaftar menjadi prioritas utama memperoleh dukungan dan bantuan invetasi bagi pelaku ekonomi kreatif. Be Integrated karena usaha pelaku ekraf terintegrasi dalam database Bekraf, sekaligus terhubung dengan jejaring investor usaha kreatif di Indonesia. Keuntungan lainnya adalah Be Engaged dimana pelaku kreatif dapat terlibat langsung memberikan masukan melalui kuesioner online di BISMA untuk menyusun kebijakan yang terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif nasional.

 

Saat ini tercatat lebih dari 41.000 pelaku ekraf di Indonesia dengan 8.500 jumlah produk yang sudah terdaftar di platform BISMA. Angka ini masih jauh lebih kecil dibandingkan data BPS (2016) yang mencacat sekitar 16,91 juta penduduk Indonesia bekerja di bidang ekonomi kreatif. Untuk itu Bekraf menilai perlunya mendata secara rinci pelaku ekonomi kreatif dan potensi usaha yang digeluti melalui sebuah platform khusus bagi pelaku ekraf, dimana mereka bisa saling terhubung bahkan dengan para investor.

 

 “BISMA dibuat selain untuk kepentingan para pelaku ekraf juga untuk mendukung kepentingan pemerintah dalam memperoleh data valid mengenai ekonomi kreatif untuk menunjang pengembangan ekonomi kreatif nasional dengan berbagai program maupun kebijakan” ujar Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari S. Sungkari dalam sambutannya pada kegiatan BIGGER Padang (20/6).

 

Terpilihnya Padang menjadi salah satu lokasi BIGGER 2019 karena komitmen pemerintah kota Padang untuk mendorong peningkatan pelaku ekraf secara berkelanjutan. Selain itu, Bekraf menilai Padang memiliki potensi ekonomi kreatif yang menjanjikan khususnya di sub sektor kuliner, fesyen, kriya, dan seni pertunjukan. Kota Padang juga dinilai memiliki ciri khas dan budaya yang kuat sehingga mampu menyokong perkembangan ekonomi kreatif di wilayahnya.

 

Hari menambahkan kegiatan ini juga untuk memperkenalkan program-program Bekraf yang mampu mengakselerasi perkembangan ekraf nasional. Selain itu melalui program ini, Bekraf ingin berbagi pengetahuan tentang ekraf dari para narasumber yang berpengalaman.

 

Acara tersebut juga dihadiri Direktur Riset dan Pengembangan Ekraf, Wawan Rusiawan; Direktur Hubungan Antar Lembaga Dalam Negeri, Hassan Abud; Plt. Direktur Pemasaran Dalam Negeri, Fahmi Akhmal serta perwakilan dari Dinas Pariwisata Kota Padang.

 

Dalam kesempatan yang sama turut hadir Professional Financial Planner, Hari Soul Putra; Community Manager Bukalapak, Leyana Riesca; Desainer Interior, Sugeng Untung; dan Produser Film, Handoko Hendroyono.

 

BIGGER menargetkan lebih dari 200 pelaku ekraf yang berasal dari Kota Padang dan sekitarnya menghadiri kegiatan ini, untuk selanjutnya akan mendaftarkan usahanya ke BISMA. Melalui kegiatan ini Bekraf berharap dapat memperoleh data valid pelaku ekraf di Kota Padang dan sekitarnya untuk mendorong akselerasi ekonomi kreatif Indonesia melalui pemetaan program dan kebijakan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan pelaku ekraf di masing-masing wilayah.

 

Sumber : http://www.bekraf.go.id/berita/page/10/bekraf-kenalkan-bisma-ke-pelaku-ekraf-padang

Ilustrasi Modifikasi : Konferensi Pers bersama Hari Soul Putra (Antara News)

Tue, 25 Jun 2019 @06:31

Copyright © 2019 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved