RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Etape Perjalanan Keuangan

image

“Jika Perjalanan Keuangan kita harus tahu TUJUANnya, maka memulainya pun kudu tahu kondisi AWALnya, sehingga menikmati setiap ETAPE PERJALANAN KEUANGAN menjadi Indah pada akhirnya” ~ Hari ‘Soul’ Putra

Jika Sukses Keuangan ada sebuah pola, tentulah Gagal Keuangan pun akan ada sebuah polanya.

Misalnya orang-orang yang hidupnya selalu mengeluh dan frustasi, biasanya berteman dan bersahabat dengan orang-orang yang tidak jauh dari karakter tersebut.

Begitupun dengan Sukses Keuangan.

Jika parameter sederhananya adalah SURPLUS, maka POSITIF adalah pedanannya dalam kehidupan.

Tetapi sebelum SURPLUS, perlu ada perencanaan dan langkah-langkah menuju kesana, paling tidak kita tahu UJUNG perjalanan Keuangan kita akan kemana, lalu menarik garis START-nya dimana, sehingga setiap etape atau fase dari pejalanan Keuangan tersebut bisa kita nikmati sembari selalu Tes dan Ukur.

Banyak orang yang terlalu fokus pada tujuan sehingga tidak bisa menikmati setiap perjalanan Keuangan, dan ada juga yang berkutat pada masalahnya sehingga tidak beranjak dari titik awal mulannya.

Dengan membuat perencanaan dan langkah-langkah-nya, maka MENIKMATI setiap ETAPE PERJALANAN KEUANGAN akan terasa lebih indah.

Misalkan, kita baru Melek Keuangan di usia 30 tahun, berarti jika rata-rata orang pensiun di usia 55 tahun, maka masih ada 25 tahun untuk menikmati ‘turbulensi’ Keuangan kita.

Sehingga proses menikmati ini jauh lebih membahagiakan, karena kita tahu bahwasanya setiap periode tertentu akan ada sebuah SIKLUS KEUANGAN.

Katakanlah setiap 5 tahun sekali kita EVALUASI Keuangan kita, berarti ada 5 periode yang ‘mendebarkan’ apakah kita masih on the track terhadap tujuan akhir dari keuangan kita.

Jika belum, dimana letak ‘error’ nya, sehingga tahu solusi dan antisipasinya.

Jika saya gambarkan hal sederhananya, maka :

Baru Sadar Keuangan di Usia 30 tahun, kira-kira hal apa saja yang menjadi KEBUTUHAN Anda 5 tahun ke depannya, misalnya ingin menikah, umroh atau melakukan perjalanan spiritual di usia muda dll.

Lalu kendaraan apa yang akan digunakan untuk mencapai kebutuhan keuangan tersebut, dan yang paling krusial adalah bahan bakar apa saja yang diperlukan, apakah cukup dengan satu income ataukah perlu membuat Income Generator yang lainnya?

Inilah yang menjadi PR kita bersama agar bisa menikmati setiap Etape dari Perjalanan Keuangan kita.


Wallahu'alam...



Hari 'Soul' Putra
Managing Director WealthFlow 19 Technology
www.P3KCheckUp.com
Founder IBC/Indonesian Business Community
Motivator Keuangan Indonesia
0815 1999 4916

Wed, 6 Jun 2018 @06:47

Copyright © 2018 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved