RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Membangun Nyali Keuangan

image

Seperti bernyanyi, berinvestasi juga butuh latihan agar hasilnya memuaskan.

 

Kamis 24 Mei 2018 00:05 WIB

Kanal MOTIVASI KEUANGAN Republika Online

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda diminta untuk menyanyi di pangggung? Biasanya respons beberapa orang mulai dari grogi, gugup, keringat dingin, jantung berdegub lebih kencang, yang paling fatal adalah tiba-tiba jadi ingin ke belakang.

Bahkan seorang trainer kawakan yang sering wira-wiri di layar kaca pun, beberapa kali harus ke kamar kecil, sebelum pengambilan gambar untuk menyanyi. Kenapa? Karena ia diminta melakukan sesuatu yang tidak dikuasai.

Menyanyi, itu bukan sekedar persoalan penampilan atau suara merdu dan enak didengar. Tetapi juga masalah nyali.

Nyali ketika tampil, maju dan melakukan hal yang terbaik yang kita miliki. Bisa jadi suara kita fals, tetapi ketika kita menyanyi dengan hati dan antusias biasanya adrenalin dalam diri kita juga bergerak memberi semangat.

Begitu pun dengan masalah perencanaan keuangan pribadi maupun keluarga. Biasanya beberapa hal, kenapa seseorang tidak punya nyali dalam mengelola keuangan dan 'membudidayakannya' adalah :

1. Gaji/pendapatan kecil, hanya dari 1 (satu) pemasukan

Seorang karyawan atau pengusaha pemula, biasanya terfokus pada 1 pemasukan. Sehingga ketika 1 pemasukan tersebut bermasalah, maka bermasalah juga keuangannya.

2. Risiko tinggi, tidak tahu 'membudidayakan' uangnya

Banyaknya kejadian penipuan ala Ponzi Scheme, padahal perusahaannya adalah perusahaan legal, membuat takut banyak orang. Ini juga yang membuat manajemen nyali seseorang menjadi ciut buat 'membudidayakan uang'-nya agar berkembang biak seoptimal mungkin.

3. Uang hilang, tidak bisa diambil sewaktu-waktu

Masifnya Kampanye Gemar Menabung, membuat orang-orang lebih senang menyimoan ketimbang berinvestasi. Investasi identik seperti 'Uang Hilang', padahal ada horizon waktunya, yang sebenarnya bisa kita cairkan sewaktu-waktu.

Nah, agar kita punya 'Peternakan Uang' dan memiliki motivasi 'Nyali' dalam bidang keuangan, maka perlu menyadari:

1. Pasar

Secara umum, ada 2 mazhab dalam mengembangbiakkan uang.

a. Jalan panjang

Berinvestasi dan mengaturnya dalam sektor riil, seperti bisnis, sirkah, properti, emas dan lainnya.

b. Jalan pendek

Berinvestasi dan mengaturnya dalam sektor pasar modal, seperti obligasi/sukuk, reksadana, saham dan lainnya.

Tinggal bagaimana kita memiliki pengetahuan tentang kedua hal di atas.

Dan 'nyemplung' ke kondisi di atas dengan mempraktikkannya adalah jalan terbaik untuk mengetes dan mengukur keefektifannya buat keuangan pribadi dan keluarga Anda.

2. Produk

Untuk satu bentuk pasar saja, misal pasar reksadana, ada banyak perusahaan yang 'bermain' di sana. Ada banyak variasi produk yang diluncurkan dan kita bisa belajar membandingkannya. Know your product, baik positif dan negatifnya akan membuat percaya diri dan keluarga Anda dalam mengendarainya.

3. Parameter

Parameter adalah ukuran seluruh populasi dalam penelitian yang harus diperkirakan dari yang terdapat di dalam percontohan. Misalnya sebuah perusahaan Manajemen Aset mengeluarkan prospektus tentang hebatnya produk mereka. Kita bisa cek apa saja yang parameternya, bandingkan dengan Perusahaan Manajemen Aset lainnya, lihat juga tahunnya dan lainnya.

Artinya tetap mulai dari hal kecil, yang kita ketahui risikonya.

Seperti kita bernyanyi di kamar mandi, tidak ada nyali yang dipertaruhkan di sana, dan kita bisa lepas bebas dalam bernyanyi walau suara kita fals sekalipun. Tetapi akan mulai berbeda ketika kita masuk di sebuah studio karaoke kita sendiri, apalagi jika suara fals kita didengar oleh orang lain.

Tetapi agar nyali muncul dibutuhkan banyak latihan, latihan pada satu instrumen baik investasi ataupun cash flow management spesifik, praktikkan dan ukur efektivitasnya, Insya Allah nyali kita akan meningkat.

Berani menyanyi di panggung ‘keuangan’ kehidupan?

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email :uang@rol.republika.co.id  SMS 0815 1999 4916.

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

 

Silahkan klik atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Motivator Keuangan Indonesia, Managing Director WF 19 Technology., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku LarisWealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

Head Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

Hotline Sms : 0815 1999 4916

Sat, 26 May 2018 @10:47

Copyright © 2018 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved