RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

7 Aturan EMAS Investor Pintar dan Bijak

image

Sebelum membahas 7 aturan emas seorang investor, alangkah baiknya Anda jawab dahulu 4 pertanyaan di bawah ini :

  1. Apakah Anda ingin selalu dilihat punya banyak uang?
  2. Apakah Anda merasa tidak begitu penting untuk membuat anggaran setiap bulannya?
  3. Apakah Anda sering tertarik dengan cerita orang yang menawarkan peluang Investasi dengan hasil yang sangat tinggi, pada bisnis/kompetensi yang sebenarnya tidak Anda kuasi?
  4. Apakah Anda cenderung dalam berinvestasi sesuai dengan uang Anda, bukan keterampilan?

Jika semua jawabannya YA, maka Anda harus berhati-hati dalam berinvestasi.
Bagi seorang investor, berinvestasi merupakan sebuah keterampilan sendiri, minimal bisa membaca laporan keuangan.

Banyak orang bisa menahan ketika tidak punya uang, tetapi tidak sedikit yang jatuh karena kebanyakan uang. Uang yang terasa mudah diperoleh, akan membuat Anda kehilangan fokus dan melakukan aneka kesalahan dalam memberlakukan uang Anda.

Tanpa adanya ilmu Investasi yang memadai, hanya akan menghasilkan kesulitan beruntun. Syarat agar Anda cerdas dalam memperlakukan uang/financial competence adalah punya business/professional skill, money management skill dan investing skill. Untuk money management skill, bisa Anda klik link berikut Money Management Skills

Untuk business/professional skill lain waktu akan kita bahas.

Skill adalah keterampilan, sama sekali bukan bakat.  Keterampilan adalah sesuatu yang bisa dipelajari, dan satu-satunya kunci agar seseorang bisa memiliki keterampilan adalah dengan berlatih, practice make perfect.

Investasi adalah salah satu usaha memperolah penghasilan, lebih dimaknai sebagai usaha mengembangkan pemasukan, sekaligus sabagai dana cadangan.

Dalam bahasa yang lebih sederhana, Investasi yakni menyisihkan sebagian uang untuk masa depan Anda dan bertumbuh. Nah sebelum berinvestasi, pastikan dahulu Anda punya UANG-nya.  Untuk investor pemula dana Investasi harus berasal dari pos yang memang Anda cadangkan untuk Investasi.

Apa yang Anda akan investasikan jika income/pendapatan yang Anda peroleh tidak berhasil Anda simpan dan berinvestasilah pada bidang yang Anda kuasai serta belajarlah pada investor yang telah berhasil.

Berikut 7 Aturan Emas yang wajib Anda patuhi dalam berinvestasi, yakni :

1. Jangan investasikan semua uang yang Anda miliki

Investasi yang sehat itu tidak instan, maka skema ponzi beserta turunannya dalam bentuk MLM Money Game, bukan kategori Investasi tetapi itu skema penipuan. Prinsip dasar Investasi adalah menunggu peluang, kemudian beraksi. 

Tetap gunakan intellectual sport (akal sehat), bukan emotional sport (emosi sesaat) saat memutuskan investasi mana yang Anda pilih. Jika Anda melihat peluang bagus, investasikan sebagian uang Anda.  Siapa tahu sesudahnya ada peluang yang jauh lebih menjanjikan dan lebih aman.

2. Jangan emosi/panik (panic financing) dalam berinvestasi

Jangan pernah menyentuh Investasi yang menjanjikan keuntungan tidak lazim dalam waktu dekat, apalagi no risk. Jika ada Investasi, yang terlihat rasional dan menyentuh nafsu dasar kita, logika kritis kita bisa terpeleset. Investasi bodong seperti QSAR, sarang walet, tanaman gelombang cinta, batu akik dll adalah beberapa fenomena yang membuat kita geleng-geleng kepala akibat  ‘investasi gorengan’ dari mafia uang.

Ketika Anda terbuai oleh Investasi bodong, Anda beramai-ramai dan ikut-ikutan menginvestasikan semua uang kesana.  Anda panik, khawatir tidak kebagian untung jika tidak bergegas.  Keuntungan besar yang dijanjikan membuat orang-orang baik namun minim pengetahuan jadi gelap mata.

Dan biasanya penyesalan selalu di akhir, karena kalo di awal namanya pendaftaran

3. Berikan waktu agar Investasi bertumbuh

Ujung dari Investasi adalah cash/return/yield dll, berarti harus ada sebuah proses yang perlu dilakukan. Investasi adalah mindset jangka panjang, jika Anda mengambil hasilnya dalam jangka pendek, bisa dipastikan tidak akan optimal. Investasikan uang Anda dengan bijak dan bersabarlah sejenak.

4. Jangan berinvestasi menggunakan uang tunai yang segera Anda pakai (bukan uang simpanan tetapi dari uang tabungan)

Apa beda simpanan, tabungan dan Investasi?

Simpanan buat operasional kita sehari-hari, tabungan adalah menyisihkan sebagian uang atau aset kita untuk masa depan sementara Investasi adalah menyisihkan sebagian uang atau aset kita untuk masa depan dan bertumbuh.

Dari horizon waktu, simpanan untuk 1 bulan alias jangka sangat pendek, sementara menabung untuk jangka pendek dan Investasi untuk jangka menengah dan jangka panjang.

Misal ada dana haji, menganggarkan memperbaiki rumah 4 bulan mendatang dan kebutuhan bulanan, Karena simpanan adalah kebutuhan sehari-hari, memperbaiki rumah 4 bulan dari menabung dan dana haji adalah bagian dari Investasi.

Tetapi diantara rencana-rencana di atas, biasanya ada hama atau pengganggu mimpi keuangan keluarga Anda, misalnya ada tawaran untuk bermain di valuta asing atau seorang teman Anda menawarkan sebuah kerja sama jangka pendek dengan keuntungan sangat besar.

Mana yang Anda akan pilih?

Tetap disiplin dengan simpanan, tabungan dan Investasi bertahap Anda?

Ataukah Anda memilih pilihan valuta asing atau bisnis jangka pendek teman Anda?

Bisa jadi ketika Anda memilih yang terakhir, maka haji, memperbaiki rumah dan memenuhi kebutuhan bulanan Anda akan hilang. Untuk berinvestasi gunakan uang yang benar-benar disiapkan untuk Investasi.

5. Mintalah saran atau pendapat yang lebih ahli

Setiap Investasi akan ada sebuah resiko, tetapi resiko bisa kita minimalisir dengan meminta pendapat seorang ahli yang telah lama berkecimpung didalamnya.

Berani berinvestasi berarti berani menghadapi resiko, yang baik atau yang buruk.  Berani tidak berarti mati konyol, melabrak semua resiko Investasi tanpa pertimbangan adalah tindakan bunuh diri keuangan. Makanya ada piramida Investasi yang perlu Anda naiki step by step-nya.

6. Lakukan diversifikasi dalam berinvestasi

Salah satu tujuan cara berinvestasi yang benar adalah dengan menekan resiko serendah mungkin. Dan caranya dengan melakukan diversifikasi.

Jangan melakukan Investasi total dalam satu unit usaha yang sama karena begitu  unit itu hancur, maka hancur pula semua uang yang Anda. Jika Investasi itu Anda bagi dalam beberapa unit yang berbeda, kehancuraan satu unit masih menyisahkan Harapan penghasilan dari unit yang lain.

7. Miliki selalu portofolio Investasi

Jangan biarkan uang Anda di rekening tabungan kecuali untuk pos dana darurat dan tabungan operasional Anda. Investasi ini bisa di reksadana, obligasi/sukuk, saham, emas, properti, kerja sama dengan teman hingga beli kebun dll.

Jika Anda menyimpan uang cash, nilai Anda jelas berkurang karena pengaruh penurunan mata uang ataupun inflasi. Jadi mulailah menyusun portofolio Investasi yang paling sesuai dengan karakter dan kebutuhan untuk tercapainya tujuan Anda. 

Menjadi investor membuat Anda belajar menjadi pengelola uang yang baik. Sabar, gigih, telaten, mau bertanya dan bisa mengendalikan diri adalah modal utama untuk menjadi investor pintar dan bijak.

Selamat berinvestasi dan menjadi investor pintar dan bijak!.

By Hari Soul Putra untuk InvestorPintar.com

WealthFlow 19 Technology.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). 

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

 

Silahkan klik atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Motivator Keuangan Indonesia, Managing Director WF 19 Technology., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku Laris WealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

Head Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

Hotline Sms : 0815 1999 4916

Sat, 17 Sep 2016 @05:28

Copyright © 2017 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved