RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Strategi Bisnis Anti Gagal Heppy Trenggono akhirnya terbongkar

image

Sebagian besar kita sudah mendengar teori ini, karena hal ini bukan hal baru, hari ini coba kita kaji lebih dalam agar cara kita melihatnya lebih tepat, sehingga pemahaman kita benar.

Setelah faham, ajak istri dan anak kita mau memahami dan bersama-sama mengIMANinya. Tentu dengan cara menghadirkan landasan dalil yang kuat.  Setelah itu kita praktekkan dengan keseriusan level tinggi, benar-benar harus serius.

(1) Strategi Memposisikan diri kita dekat dengan Allah SWT dan mengambil peran membangun agamaNya.

Kata Allah SWT : “Jika kamu menolong Agama Allah, Allah akan menolong kamu”. BerIKRARlah untuk menjadi pejuang agama Allah dengan cara melakukan Al –Aqobah, Melakukan pendakian.

  1. Membebaskan budak dari perbudakan : perbudakan harta, perbudakan riba, perbudakan syahwat, perbudakan toughut, perbudakan manusia dll. 
  2. Memberi makan di hari kelaparan. 
  3. Menyantuni fakir miskin dan anak yatim. 

 

Dua Jalan, Dua Konsekuensi (Penjelasan Qs Al Balad)

Tetapi dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. Tahukah kamu apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu?” (Qs 90 : 11-12)

Jalan kebaikan tidaklah mudah. Karena itu ia sukar dan sulit ditempuh dan menanjak. Hanya orang-orang sabar saja yang mampu dan mau melakukannya. Jalan-jalan sulit berikut ini tak lain merupakan jawaban sekaligus pelurusan miss persepsi tentang harta:

1. “(yaitu) melepaskan budak dari perbudakan” (Qs 90 : 13)

Karena Allah hanya menginginkan penghambaan yang sempurna kepada Dzat-Nya saja. Bukan perbudakan sesama manusia. Karena itulah salah satu misi utama agama Islam adalah menghapus dan menghilangkan perbudakan.

2. “Atau memberi makan pada hari kelaparan” (Qs 90 : 14)

Memberi pertolongan pada saat dibutuhkan adalah sesuatu yang mulia. Dan hal tersebut tidaklah mudah. Apalagi jika tidak didahului oleh permintaan tolong dari pihak yang memerlukan bantuan, sungguh hal tersebut menjadi berat. Hanya orang tertentu saja yang memiliki kepekaan hati dan diringankan untuk membantu.

Pemilihan kata yang sangat teliti ini menandakan bahwa pada hari itu kelaparan dijumpai di mana-mana. “hari yang memiliki orang-orang lapar di mana-mana”. Ini adalah hari paceklik dan kelaparan yang menimpa banyak orang ([12]).

3. “(kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat” (Qs 90 : 15)

Memuliakan dan menolong anak yatim adalah salah satu amal yang utama. Apalagi jika sang yatim tersebut masih ada hubungan kekerabat-an, tentu akan menambah nilai plus. Membantu dan sekaligus menjaga tali kekerabatan (silaturrahim).

4. “Atau kepada orang miskin yang sangat fakir” (Qs 90 : 16)

Orang-orang yang miskin dan tertekan kemiskinannya adalah orang yang berada diprioritas pertama untuk dibantu. Jiwa mereka tertekan karena lidah mereka tak lagi sanggup mengungkapkan permintaan tolong. Hati mereka juga sakit menanggung malu. Mereka juga miris melihat nasib orang-orang yang berada dalam tanggungannya. Tapi mereka memiliki iman yang menahan dari menghalalkan segala cara. Orang yang seperti inilah yang sangat perlu diutamakan untuk di tolong.

Abu Ubaidah mengungkapkan rahasia pemilihan kata “Dzâ Matrabah” yang berarti terlempar di atas tanah atau pasir([13]). Ini menandakan ia benar-benar hanya memiliki badan yang lemah hingga membuatnya tersungkur di atas pasir. Tak ada yang menahan badannya karena sangat lapar dan lemah.

5. “Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang” (Qs 90 : 17)

Orang-orang yang mampu bersabar dan sanggup menempuh jalan yang sukar seperti di atas adalah orang-orang pilihan yang dirahmati Allah selalu. “Mereka adalah golongan kanan”. (Qs 90 : 18)

Ini adalah sebuah pilihan yang memiliki konsekuensi tanggung jawab. Namun, hal tersebut tidaklah sia-sia, karena Allah telah menyediakan balasan dan ganjaran yang melebihi bayangan seseorang, bahkan dengan sesuatu yang belum terbayang-kan sebelumnya.

Sebaliknya pilihan jalan yang salah akan membuahkan konsekuensi yang tidak sesuai harapan pula. Sebagaimana tak ada paksaan dalam memilih jalan, mereka juga tak bisa memaksa Allah untuk memberikan balasan sesuai keinginan mereka. Orang-orang yang berbaris di golongan kiri tersebut akan digiring ke neraka Allah yang tak ada celah bagi siapapun untuk lari dan menghindar darinya.

 

(2) Berani menolong saudara dan orang lain.

Kata Allah dalam hadits Qudsi “Allah akan senantiasa menolong kita, saat kita masih senantiasa menolong saudara kita”.  

Saudara maksudnya adalah sesama manusia, semakin dekat ikatannya dengan kita semakin harus kita tolong. Berani menolong artinya yakin kepada Allah akan pertolongannya, sehingga kita dengan yakin tetap dan selalu melakukan apapun kondisi kita. Menolonglah saat kita susah. Membantulah saat kita sendiri perlu, zuhudlah kepada Dunia, saat Dunia dalam genggaman kita.

Dalil hadits tentang hal ini banyak sekali. Dan ini yang Pak Heppy lakukan saat jatuh hingga – 62 M. Dia bantu pengusaha lain untuk bangkit, dia bayarin utang pengusaha lain yang lebih kecil.

(3) Berbaktilah kepada orangtuamu se-serius mungkin, karena Ridho Allah bersama Ridho beliau berdua.

Do’a mereka mustajab.

Manfaatkan mereka untuk mendapatkan Ridho Allah. Buat mereka ridho, maka Allah akan Ridho pada kita. Jika Allah ridho kepada seorang hamba. apa yg akan terjadi padamu?

Engkau tidak hanya akan mendapatkan Dunia yang menipu ini, tapi Ridho Allah akan menghantarkan kepada Nikmat Allah yg lebih hakiki. Bukankah amal kita tidak akan cukup untuk membeli syurga?

Tidak bakalan cukup.

Tapi ketika Allah ridho kepada kita Allah akan ampuni kita, dan hadiahkan Syurga buat kita.  Orang tua dan keluarga, saudara semuanya Pak Heppy urusin. Sekolahnya dan keinginan yang perlu dibantu. Keluarga lebih berhak ditolong dari pada yang lain. Dahulukan menolong mereka sebelum menolong yang lain.

(4) Segerakan Naik haji dan umroh-lah karena Cinta kita kepada Allah SWT.

Bukan karena harta. Allah akan mengganti biaya Haji dan umroh mu. Bahkan Allah akan menjamin engkau terbebas dari kemelaratan. Berikrarlah di Depan Multazam untuk menjadi bagian dari pejuang agama. Kita rela berutang saat berbisnis, mengapa nggak siap berutang untuk menunjukkan Cinta kepada Allah dan rasulnya.

Lihatlah kisah Senad Hadzic yang berhaji berjalan kaki 5650 KM dari Bosnia, dan dalam perjalanannya Allah menunjukkan kekuasaannya pada dia.  Ini salah satu wujud Cinta kepada Allah SWT yang harus kita ekspresikan. Hidup Heppy trenggono berubah 1800 dimulai sejak dia berikrar di depan Multazam.

(5) Bagi yang masih bujang, “Menikahlah” maka engkau akan kaya.

Menikah dengan keyakinan berbeda dengan yang tanpa keyakinan. Allah berjanji akan membuat kita kaya, jangan diartikan sebagai terpenuhinya keinginan syahwat kita kepada Dunia.

Kaya berarti kemudahan, kenikmatan, tercukupi kebutuhan, hati . Menikah tanpa keyakinan ini kadang membuat kita terjerumus kepada mencari rizki yang tidak halal, mengambil harta yang bukan jatah kita, Naudzhubillah.

(6) Berikhtiarlah dengan cara yg halal. Hindari Riba, karena Allah berjanji akan memerangi pelaku riba.

Orang yang diperangi Allah pasti jauh dari rahmat dan ridhoNya. Mereka akan dikasih Allah harta di Dunia, karena itu yang mereka minta, tapi jangan harap dia selamat di akherat. Bahkan lihatlah hidupnya, dan lihat juga akhir hidupnya, Allah akan menunjuklan kebesaran Nya.

Ikhtiar tidak sekedar syarat. Tapi ikhtiar yang dengan kesungguhan, Dengan keinginan yang menggelora untuk maju. membangun kekayaan untuk diri, keluarga, ummat dan bangsa. Heppy Trenggono habiskan banyak uang belajar ke Guru-Guru Bisnisnya di berbagai negara.

(7) Seriuslah untuk meluangkan waktu beribadah kepada Allah.

Karena Allah berjanji akan menjauhkan mereka dari kemelaratan bagi yang serius meluangkan waktu untuk ibadah. Rizki yang halal dan berkah Allah siapkan buat hamba yang dekat.

Bagaimana mendekati Allah? Dekati Allah dengan amalan-amalan sunnah. Rencanakan tahajjud secara serius, rencanakan baca Quran secara serius, rencanakan sholat dhuha secara serius. Jika mampu rencanakan juga shaum secara serius.

KOK berat, ya?

Berat karena kita menganggapnya beban. Jika Allah akhirnya mengkaruniakan Cinta kita kepadaNya naik dengan amalan-amalan itu. Insya Allah, Anda akan menikmatinya Inilah salah satu wujud nikmatnya IMAN. Heppy serius dalam Qiyamullailnya. Menangis di sepertiga malam terakhir untuk kejayaan ekonomi ummat dan agamaNya.

Dhuha 8 rakaat dia lakukan walaupun penuh kesibukan. Orang ini begitu dekat dengan fakir miskin. Pengajian du’afa yang dilakukan sebulan sekali di rumah Heppy trenggono kadang sampai dihadiri 10.000 jama’ah dari orang-orang yang nggak mampu. Saat pulang pengajian, mereka semua membawa sembako.

Sumber : Bp Didik Sukoco (Koordinator Wilayah Kalimantan) IIBF (Indonesia Islamic Business Forum) dan Dakwatuna.


WealthFlow 19 Technology.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : uang@rol.republika.co.id  SMS 0815 1999 4916.

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

 

Silahkan klik atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Motivator Keuangan Indonesia, Managing Director WF 19 Technology., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku Laris WealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

Head Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

Hotline Sms : 0815 1999 4916

Tue, 13 Sep 2016 @12:29

Copyright © 2017 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved