RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Sebelum Berwirausaha, Kenali Dulu Bahasa Bisnis

image

Kanal MOTIVASI KEUANGAN Republika Online

Ahad, 31 Januari 2016, 06:10 WIB

 

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap permainan dan profesi tentulah memiliki bahasa tersendiri.  Jika kita masuk ke dunia persepakbolaan, maka istilah-istilah seperti offside, gol, gawang, gelandang serang, striker dll akan akrab di telinga kita.  Tidak hanya bagi yang menjadi pemain dalam permainan sepakbola tersebut, tetapi juga bagi penonton, harus memahaminya.
 
Bisa Anda bayangkan, ketika Anda sebagai penonton melihat sebuah bola masuk ke gawang lawan, langsung Anda katakan itu gol. Tetapi wasit mengatakan bahwa itu bukan gol, tetapi offside, artinya gol Anda tidak sah.
 
Seperti itu juga dengan profesi yang kita tekuni, misalnya jika di bidang keuangan ada istilah-istilah cash flow, asset, liabilities, investment dan lainnya akan akrab di telinga kita.

Artinya setiap permainan dan profesi memiliki bahasa tersendiri, begitupun dengan bisnis.

Apa itu Bahasa Bisnis?
Bahasa menurut Kamus Bahasa Indonesia yang diterbitkan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2008 adalah 1 Sistem lambang bunyi berartikulasi yang bersifat sewenang-wenang dan konvensional yang dipakai sebagai alat komunikasi untuk melahirkan perasaan dan pikiran, 2 Perkataan-perkataan yang dipakai oleh suatu bangsa (suku bangsa, negara, daerah, dsb); 3 Percakapan (perkataan) yang baik; sopan santun; tingkah laku yang baik; -- menunjukkan bangsa, pb budi bahasa atau perangai serta tutur kata menunjukkan sifat dan tabiat seseorang.

Sementara bisnis adalah usaha dagang; usaha komersial dl dunia perdagangan; bidang usaha: bekerja di bidang – kepariwisataan.

Jadi Bahasa Bisnis adalah alat komunikasi untuk melahirkan perasaan dan pikiran dalam sebuah usaha/dagang agar dipahami.
Artinya ketika kita masuk ke dunia bisnis, berarti pahami dulu bahasanya, baru Anda akan ahli dalam berbisnis.

Secara umum dalam berbisnis ada 2 mahdzab, yakni Mahdzab jalan panjang dan Mahdzab jalan pendek.

Mahdzab jalan panjang adalah aliran yang membangun karakter (character building) & real wealth (sejahtera yang sebenarnya), karena di sinilah ada perputaran barang dan jasa.  Di sinilah jantung ekonomi sebuah bangsa bisa berdenyut untuk dialiri darah kehidupan, makanya bangsa pintar adalah bangsa yang melahirkan banyak entrepreneur atau mentalitas pengusaha.
Seorang karyawan, bisa jadi terkukung oleh aturan di perusahaan atau institusinya, tetapi mentalitas entrepreneur akan membawa perusahaan atau institusinya menjadi pemimpin dibanding perusahaan atau institusi lain.

Maka bahasa yang digunakan dalam mahdzab jalan panjang ini adalah building, selling, managing, operating dan sebagainya.

 

Sementara Mahdzab jalan pendek adalah kebalikan dari mahdzab jalan panjang, artinya ‘tidak perlu’ ada barang dan jasa.  Walau asal dasarnya dari mahdzab jalan panjang, di sini transaksi terjadi dalam hitungan detik dan bergeraknya bit-bit dalam komputer.  Dalam hitungan detik, uang Rp 100 juta bisa berpindah dari ‘satu tangan’ ke tangan yang lainnya, tanpa orang tersebut beranjak dari tempat duduknya.

Maka bahasa yang digunakan dalam mahdzab jalan pendek ini adalah interest, compound interest, spread interest dan lain-lain.

Mahdzab jalan pendek bisa kita lihat secara kasat mata, ada orang yang mengaku lebih miskin dari pengemis kemarin sore, besok pagi bisa menjadi orang terkaya dinegaranya  Bisnis tidak perlu untung, tetapi bisa menciptakan uang yang sangat banyak, bisa kita lihat industri TV di Indonesia hanya dikuasai oleh segelintir orang.  Dalam skala kecil, para pemainnya bisa kita lihat hari ini para pemuja aliran cash back, beli emas dan gadai.

Jika Anda ingin sukses dalam bisnis, Anda haruslah ahli dalam bisnis tersebut. Dalam bahasa lain, banyak kegagalan dalam bisnis terjadi ketika mereka tidak bisa berkomunikasi atau berbicara dalam bahasa bisnis.

Gagal memahami bahasa bisnis akan mengakibatkan kerusakan, contohnya apa itu aset?

Apakah aset adalah barang-barang yang kita punyai, mobil yang kita miliki, kulkas yang kita gunakan? Jangan-jangan apa yang kita kira aset ternyata adalah liabilities.
  
Secara sederhana aset adalah yang memasukkan uang ke kantong/dompet kita.  Ketika rumah yang kita tempati tidak menghasilkan sebuah pertambahan nilai yang signifikan, sebenarnya kita hanya mengeluarkan uang dari kantong atau dompet kita.

Rumah yang harus dibayar biaya perawatannya tiap bulan, pajaknya tiap tahun dan biaya-biaya yang lain akan tetap menjadi sebuah liabilities walau kenaikan harga tanah dan rumah tiap tahun meningkat. Selain itu juga dari sisi penggunaan, yang kita kira ‘investor baik’, misalnya utang, ternyata ada utang baik dan utang buruk.

Ini adalah beberapa bahasa bisnis yang kita perlu ketahui, tanpa memahami bahasa bisnis maka seperti main sepakbola, Anda tahu ujungnya adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya, tetapi tidak sadar bahwa Anda selalu kebobolan di gawang sendiri dan setiap mencetak gol, itu bukan gol tetapi offside. 

Selamat memahami dan menjalankan bahasa bisnis!

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : uang@rol.republika.co.id  SMS 0815 1999 4916.

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

 

Silahkan klik atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Motivator Keuangan Indonesia, Managing Director WF 19 Technology., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku Laris WealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

Head Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

Hotline Sms : 0815 1999 4916

Sun, 31 Jan 2016 @17:24

Copyright © 2017 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved