RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Kiat Mandiri Secara Finansial Bagi Wanita

image

Selasa, 31 Maret 2015, 16:41 WIB

 

Kanal MOTIVASI KEUANGAN Republika Online

 

REPUBLIKA.CO.ID, Mandiri menurut Kamus Bahasa Indonesia yang diterbitkan Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2008, adalah keadaan dapat berdiri sendiri, tidak bergantung pada orang lain. Setiap individu memang didorong berusaha keras agar dapat mandiri. Sehingga bebas dari ketergantungan kepada orang lain.

Dalam konteks Motivasi Keuangan, seseorang yang disebut mandiri secara keuangan adalah ketika sudah tidak bergantung pada orang lain. Artinya antara tabungan dan investasi berjalan sesuai rencana dalam memenuhi harapan dan mimpi-mimpi keuangan yang telah dirancang.

Apa saja mimpi-mimpi keuangan itu?

Beberapa tujuan hidup utama yang terkait dengan keuangan adalah :
1.    Dana darurat
2.    Proteksi
3.    Dana pendidikan anak
4.    Dana pensiun

Sedangkan tujuan keuangan yang lain yang umumnya ingin dicapai :
1.    Membeli rumah
2.    Membeli mobil
3.    Dana kesehatan pensiun
4.    Dana pernikahan anak
5.    Dana jalan-jalan saat pensiun
6.    Dana ibadah (umrah atau haji dan lainnya)
7.    Modal bisnis
8.    Aset aktif dan sebagainya

Ketika kita meniatkan untuk mandiri secara keuangan, bukan berarti kita tidak butuh penghasilan lagi. Tetapi paling tidak dana darurat dan investasi untuk kebutuhan keuangan masa depan telah dijalankan. Di sinilah dibutuhkan langkah taktis agar kita bisa mandiri secara keuangan.

Untuk wanita, terkadang antara pendapatan yang didapatkan dari gaji suami terasa kurang bila dibandingkan dengan inflasi riil, krisis ekonomi yang melanda, musibah, maupun konsumtivisme itu sendiri. Konsumtivisme adalah keinginan untuk membeli barang dan jasa hanya untuk kepuasan semata bukan berdasarkan kebutuhan  Perilaku konsumtif bisa membuat orang terjerat utang (misal : utang kartu kredit) untuk memuaskan nafsu belanja.

Dari sinilah biasanya muncul ide untuk mendapatkan penghasilan tambahan, yang muaranya ke kemandirian keuangan pribadi dan keluarga.

Cara tercepat menjadi wanita yang mandiri secara finansial biasanya menjadi pekerja mandiri atau berbisnis atau wirausaha. Dengan menjadi pekerja mandiri berarti yang di jual adalah keahlian, entah didapatkan ketika di bangku kuliah atau keterampilan-keterampilan praktis lain yang merupakan kompetensi diri. Sedangkan berbisnis, para wanita biasanya tidak jauh-jauh dari rumah atau masih bisa dijalankan sembari mengasuh anak.

Berikut cita-cita kemandirian keuangan bagi wanita :
1.  Menjadi bos bagi diri sendiri
Pilihan menentukan kapan harus bekerja atau berusaha dan kapan waktu untuk keluarga. Andalah yang menentukan keputusan yang Anda buat, bukan orang lain. Tidak ada batasan umur untuk memulai sebuah usaha atau menjadi pekerja mandiri dan tentunya menjadi bos. Praktis, waktu dan omset Anda yang atur, seberapa keras dan cerdas kerja Anda, Andalah yang akan menikmatinya.  Tetapi satu hal, semuanya tidak ada yang instan, semuanya harus melewati proses belajar yang konsisten.

2.  ‘Aman’ secara finansial
Tidak ada risiko yang lebih besar dari pada harus bergantung pada orang lain dan pemerintah untuk mencukupi kebutuhan Anda.  ‘Aman’ buat pribadi dan keluarga mutlak diperlukan demi tercapainya mimpi keuangan.  Dengan ‘aman’ secara keuangan, artinya Anda akan tahu batasan gaya hidup seperti apa yang sesuai dengan kantong Anda sendiri.  Tanpa berusaha untuk melewati batasan rasa ‘aman’ keuangan, Anda akan tetap di tempat, tanpa ada yang memotivasi dan menginspirasi bagaimana Mandiri secara keuangan.

3.  Lebih banyak waktu untuk pribadi, keluarga dan organisasi atau masyarakat
Satu hal yang menjadi tujuan kenapa banyak sekali wanita ingin mandiri secara keuangan adalah ingin punya waktu untuk pribadi, keluarga dan organisasi  serta berinteraksi dengan masyarakat lebih banyak lagi. Setiap aktivitas, tentulah membutuhkan uang, tanpa adanya uang ditangan, tidak enak rasanya menjadi beban orang lain terus menerus.  Dengan mandiri secara keuangan, seluruh aktivitas bisa terlaksana tanpa harus memikirkan masalah keuangan.

Salah satu cara agar mandiri secara keuangan adalah dengan ikut dan memiliki serta menjalankan Satu keluarga satu perencana keuangan (One Family One Planner) . Dengan hal ini alokasi keuangan untuk masa depan bisa terlaksana dengan baik, sehingga Indonesia EMAS (Evolusi, Maju, Aktif, Sejahtera) bisa semakin cepat terjadi.


 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : uang@rol.republika.co.id  SMS 0815 1999 4916.

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

 

Silahkan klik atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Motivator Keuangan, Managing Director WF 19 Technology., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku Laris WealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

Head Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

Hotline Sms : 0815 1999 4916

 

Wed, 1 Apr 2015 @05:30

Copyright © 2017 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved