RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

IndONEsia EMAS 2029, Evolusi Maju Aktif Sejahtera

image

Gerakan Indonesia EMAS 2029 berdiri pada tanggal 27 Jumadil Ula 1433 H bertepatan dengan 19 April 2012 M.  Berawal dari inisiasi Bapak Hari ‘Soul’ Putra untuk mengadakan pertemuan.  Pertemuan tersebut terdiri dari 3 entitas, yakni dari WF 19-WealthFlow 19 Technology. (di wakili Hari ‘Soul’ Putra, Managing Director WF19 Technology), DHIF- Dewi Hughes International Foundation (di wakili Harumi Sita, Manager TBM@Mall), EDC PMBS-Entrepreneurship Development Center Prasetiya Mulya Business School (di wakili Setiawan Kusmulyono, Sekjen EDC).  Adapun tujuan dari 3 entitas ini mengadakan pertemuan adalah guna membahas program pengentasan kemiskinan baik spiritual, sosial, personal dan material.

Intinya ada 3 hal yang menjadi latar belakang keprihatianan mereka :

  1. Keprihatinan terhadap tingginya angka pengangguran di Indonesia, baik pengangguran terdidik/intelek atau bukan
  2. Masih mendominasinya mentalitas pekerja/employee ketimbang usaha/pengusaha
  3. Munculnya secara permanen 3 pokok dimensi masalah (spiritual, sosial dan personal) yang berimbas ke finansial.

Dari ketiga keprihatinan tersebut, mereka berupaya untuk memberi setitik harapan pada bangsa tercinta, Indonesia.  Maka, hasil dari pertemuan pada hari kamis tersebut, dibuatlah sebuah Visi Perubahan 2029, artinya sejak tahun ini (2012) berarti ada 17 tahun lagi menuju Indonesia EMAS yang di cita-citakan.  Dan sebagai wadahnya, dibuatlah IBC (Indonesian Business Community ) atau KBI (Komunitas Bisnis Indonesia). 

Sebelum dijabarkan, apa itu Indonesia EMAS 2029, akan dijelaskan dahulu apa itu IBC. Sesuai dengan namanya, IBC adalah wadah bagi komunitas, komunitas adalah kumpulan dari beberapa individu yang memiliki visi yang sama menuju sebuah perubahan.  Bisnis berarti pertukaran ide antara satu orang atau beberapa orang dengan satu atau beberapa orang lainnya.  Indonesia, skup negara yang menjadi frame /figura dari visi tersebut.

Sebuah gerakan dengan visi tersistematis sekalipun, tidak akan berjalan tanpa adanya sebuah wadah atau alat atau kendaraan untuk mencapainya.  Visi Indonesia EMAS 2029 akan membuat kendaraan atau dalam bahasa bahari (karena Indonesia negeri bahari), membuat sekoci-sekoci sebelum kapal besar atau kapal induknya datang.  Sekoci-sekoci tersebut adalah komunitas-komunitas yang mandiri baik secara spiritual, sosial, personal anggota-anggotanya, maupun mandiri secara finansial yang terdiri dari cluster-cluster yang terintegrasi dari visi Indonesia EMAS 2029.

Untuk itulah ke depannya, IBC bisa memberi kontribusi buat kemajuan dan kemakmuran Indonesia di mulai dari Taman Bacaan Masyarakat @ Mall Blok M Jakarta Selatan dan akan secara simultan bergerak bersama AKKSI (Asosiasi Konsultan Keuangan Syariah Indonesia) dan MES (Masyarakat Ekonomi Syariah) www.EkonomiSyariah.org di seluruh Indonesia dan tempat-tempat di pulau-pulau terpencil Indonesia.

Mereka meyakini, yang namanya perubahan sebuah bangsa, hanya dapat tercapai melalui pembelajaran (learning ) para SDMnya (Baca : Masyarakat Indonesia).

 

Sekarang, apa itu Indonesia EMAS 2029, berarti dimulai dari akhir (starting with the end ) tahun 2029.  Tahun 2014 Indonesia akan mengalami perubahan kepemimpinan dengan diselenggarakannya Pemilihan Umum, berarti ada 3 periode Pemilihan Umum lagi sebelum mencapai tahun 2029.  Ini adalah hal yang masuk akal untuk mempersiapkan sebuah komunitas perubahan.

Berarti ada sekitar 17 tahun lagi agar para pemimpin yang akan duduk di pusat-pusat perubahan, baik masyarakat sipil, bisnis atau negara untuk bisa mempersiapkan diri.

Sekarang kata EMAS, ini adalah akronim dari :

E adalah evolusi , kenapa evolusi bukan revolusi? Evolusi adalah perubahan secara bertahap atau gradual yang mengikuti sunnatullah atau hukum alam.  Selain tidak bertentangan dengan hukum alam, evolusi bisa membuat matang seseorang atau komunitas untuk masak pada waktunya.

Dan 17 tahun, bukanlah waktu yang terlalu singkat atau juga terlalu lama untuk mencapainya.  Artinya jika tahun ini Anda berusia 20 tahun, berarti di tahun 2029 Anda akan berusia 37 tahun, atau jika Anda tahun ini berusia 30 tahun, berarti di tahun 2029 Anda akan berusia 47 tahun, sebuah umur biologis yang masih produktif untuk membuat sebuah perubahan bagi Indonesia yang lebih baik.

M adalah maju , maju disini berarti 3 step a head (tiga langkah ke depan), apa yang kita akan lakukan haruslah menggunakan pola MBA (Management By Anticipation) bukan management by accident , artinya semua itu haruslah terencana dan terukur dengan baik.  Dengan berfikir 3 langkah kedepan, kita akan bisa mengantisipasi kejadian-kejadian dan meminimalisasi resiko-resiko yang mungkin terjadi.

A adalah aktif , aktif disini berarti tindakannya bersifat pro-aktif, ciri dari pro-aktif bukan menunggu tetapi sensitif dan memiliki inisiatif.  Sensitif tidak harus menunggu perintah, tetapi dengan dasar intuisi (gabungan pengalaman dan pengetahuan) serta berinisiatif ketika melihat ketidakberesan atau ada masalah yang terjadi di masyarakat.   

S adalah sejahtera , sejahtera adalah sebuah konsekuensi dari kita melaksanakan sebuah evolusi, maju dan aktif menyuarakan perubahan menuju Indonesia EMAS 2029.  Sejahtera menjadi penarik dari gerbong-gerbong perubahan, dimana istilahkan, sejahtera dalam konteks spiritual, sosial dan personal serta keuangan, dimana jika kita memiliki 1 pengeluaran dan 9 pendapatan baik pada diri, keluarga, komunitas, ataupun pada level bangsa.

Artinya, bangsa yang sejahtara (welfare state ) adalah bangsa yang memikirkan tidak hanya buat 1 kali periode pemerintahan, tetapi juga buat sustainable untuk anak cucu dan hidup dari generasi ke generasi.

Adapun misi dari Indonesia EMAS 2029 adalah :

  1. Agen perubahan bagi masa depan komunitas
  2. Wahana pembelajar yang mentransfer knowledge (improvement), skill (development ) dan experience (empowerment)
  3. Menjadi SOUL (Social-spiritUaL) entrepreneur

 

DESKRIPSI WADAH PROGRAM INDONESIA EMAS 2029

Wadah dari Program Indonesia EMAS 2029 adalah diselenggarakannya Short Course (kursus singkat) dari Inkubator Kewirausahaan IBC. Yang merupakan suatu program akselerasi peningkatan kompetensi pembelajaran kewirausahaan yang mengkombinasikan konsep dan praktik manajemen bisnis. Kursus ini akan mengasah kapasitas soft-skill maupun hard-skill dari peserta untuk memiliki pengetahuan dasar mengenai kemampuan berwirausaha dan manajerial sehingga mampu menjadi pribadi mandiri dan menjadi lokomotif penggerak perubahan di lingkungannya.

 

Peserta Didik

Peserta didik adalah siswa dan mahasiswa yang sudah lulus namun masih belum memiliki pekerjaan, rekan-rekan yang sedang mencari pekerjaan, rekan-rekan yang sudah memulai usaha dan ingin mengembangkannya.

Standar yang kami preferensikan dalam memilih peserta didik adalah rekan-rekan yang memiliki minat besar dan motivasi untuk maju dan sukses dengan berwirausaha.

 

Tujuan Program (Kompetensi)

  1. Peserta didik memahami makna kewirausahaan serta memiliki kompetensi untuk mengimplementasikan praktiknya secara nyata.
  2. Peserta didik memiliki kompetensi pengelolaan manajemen bisnis dan kewirausahaan yang sejalan dengan kemampuan soft-skill dan hard-skill , terutama kepemimpinan (leadership).
  3. Peserta didik mampu mendiseminasikan pengetahuannya dan menggerakkan komunitasnya untuk menjadi lebih mandiri.

 

Fasilitator

  1. WealthFlow 19 Technology
  2. Prasetiya Mulya Entrepreneurship Development Center
  3. Dewi Hughes International Foundation
  4. AKKSI (Asosiasi Konsultan Keuangan Syariah Indonesia)
  5. MES (Masyarakat Ekonomi Syariah)
  6. Praktisi Bisnis yang memiliki kepedulian sosial dan spiritual.

 

Model Program

Program Pelatihan ini akan dibagi ke dalam 4 Tahapan Kategori, yaitu :

  1. Pembekalan dalam Seminar Satu Keluarga Satu Perencana Keuangan (One Family One Planner)
  2. Pembekalan Dasar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis
  3. Pembekalan Pilihan Profesi Usaha dan Bisnis
  4. Presentasi dan Pembuatan Proyek Usaha .

Dalam tahap keempat ini, para peserta mulai merancang ide bisnisnya sendiri sesuai dengan dasar kewirausahaan dan rencana bisnis yang telah diberikan

 

Metode Program

Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan dengan metode presentasi, diskusi, sharing, diskusi kasus, dan games serta langsung praktek di lapangan, baik sebagai observer ke tempat usaha-usaha yang sudah running maupun usaha sendiri.

Program ini juga akan memberikan tugas-tugas pendukung untuk semakin memperkuat pemahaman mengenai kewirausahaan.

Alat pendukung pembelajaran yang dibutuhkan adalah ruang kelas, proyektor, dan alat tulis.

 

Fase Program

  1. Rekrutment dan Seleksi
  2. Learning (Teaching-Training-Coaching-Mentoring)
  3. Penempatan dan Penugasan
  4. Paska Penempatan

 

Info Guidance Gerakan Perubahan :

INDONESIA EMAS (EVOLUSI MAJU AKTIF SEJAHTERA) 2029

“Sejahtera suatu bangsa adalah akumulasi sejahtera spiritual, sosial dan personal”

Sekretariat AKKSI (Asosiasi Konsultan Keuangan Syariah Indonesia)

Bu Puri Hukmi (Kabid Hubungan Media AKKSI)

Gedung Gajah Unit ABC Lantai 3A Jl. Dr. Saharjo Raya No. 111 Tebet Jakarta Selatan 12810

Email             : WealthFlow19@Gmail.com

HP                 :  0878 8616 7100

 

Yang Sering ditanyakan :

  1. Fokus kegiatan dan tujuan : Perubahan spiritual, sosial, personal dengan konsekuensi finansial dengan menjadi SANG PENCERAH KOMUNITAS DAN PEMIMPIN-SOSOK SUPER : SO ul entrepreneur (sholeh/sholeha secara sosial dan spiritual), S mart O rientation (orientasi kecerdasan), K nowledge power (kekuatan data), SUPER wealthy person (super sejahtera) dari pebisnis dan pesedekah.
  2. Fokus perubahan dari komunitas : Diri (self help-Help your self before your self others ), Keluarga (family help ), Sosial (social help ), Spiritual (spiritual help )
  3. Wilayah kegiatan : Cluster, Gathering, Community
  4. Pendiri dan Ketua Umum Gerakan Indonesia EMAS 2029 : Hari ‘Soul’ Putra
  5. Cara terlibat : email ke wealthflow19@gmail.com atau sms ke 0878 8616 7100 atau Sekretariat AKKSI
  6. Kriteria sang perubah : Tamatan SMA/sederajat, Mahasiswa & Calon Entrepreneur yang masih mencari jati dirinya dan mau berubah
  7. Fasilitas : Soft skill dan Hard skill seperti The SLP, Financial Mastery, EO management, Community, Financial Planning dll
  8. Yang telah bersinergi : WealthFlow 19 Technology., Dewi Hughes International Foundation-TBM@Mall Blok M, EDC PMBS, AHI-Coach Rita, MES (Masyarakat Ekonomi Syariah), Majalah, TV, Internet Properti Media dll
  9. Agenda normal : 4 bulan
  10. Sertifikat : Pengakuan dari masyarakat sebagai Pembicara, Penulis, Pengembang Komunitas dan Perencana Keuangan menuju Indonesia EMAS 2029
  11. Setelah lulus 4 bulan : Melakukan pendampingan terus menerus dengan komunitas yang dibentuk

Fri, 20 Feb 2015 @09:49

Copyright © 2017 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved