RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Solusi Terbebas Jerat Rentenir

image

Jum’at, 03 Oktober 2014, 06:18 WIB


Kanal Konsultasi MOTIVASI KEUANGAN Republika Online

 

REPUBLIKA.CO.ID, Selamat pagi, Saya karyawan umur 31 tahun mempunyai masalah keuangan. Istri saya mempunyai utang kepada rentenir. Awal kenapa istri saya terjerat rentenir, teman istri saya meminjam uang tapi tidak dikembalikan.

Padahal uang tersebut punya rentenir dan rentenir tersebut tidak mau tahu. Istri pun harus bertanggung jawab. Akhirnya untuk melunasi saya sebagai suami ikut bertanggung jawab untuk melunasinya. Tapi akibatnya keuangan kami berantakan.

Mohon saran, masukan dan solusi apa yang harus kami lakukan. Supaya masalah ini bisa cepat selesai.

Terima kasih.

Eko Maryanto
Kedoya, Kebon Jeruk, Jakbar


Jawaban WF 19

Selamat pagi juga Pak Eko 
:-)

Salah satu kelebihan dari meminjam uang kepada rentenir adalah proses cepat dan mudah, dibandingkan dengan meminjam uang kepada lembaga keuangan.

Akibat kemudahannya inilah, banyak yang terjebak dengan utang yang mencekik.  Kenapa? Karena bunga yang dibebankan rentenir kepada peminjam biasanya sangat tinggi.

Selain menyasar kepada perorangan dan lembaga dalam skala besar seperti layaknya mafia atau yakuza, para rentenir ini ini juga menyasar kepada para pekerja atau pengusaha kecil yang putaran usahanya di bawah Rp 1 juta.

Jika saya ambil contoh, seorang bakul jamu meminjam uang Rp 100 ribu, dibayar Rp 2 ribu per 3 hari. Sepertinya kecil cicilannya, hanya Rp 2 ribu, tetapi jika kita hitung, bunganya bisa mencapai 20 persen per bulan, itu belum bayar pokoknya.

Sebuah angka fantastis untuk mendapatkan keuntungan dengan ‘sewa menyewa uang’ dan tidak ada penindakan secara khusus oleh aparat pemerintah dan faktanya banyak beredar di masyarakat.

Terkait dengan pertanyaan Anda, teman istri Anda yang meminjam uang kepada rentenir dan Anda yang harus mengembalikannya.  Maka yang bisa saya sarankan adalah dengan tetap meminta teman istri Anda untuk melunasi utang kepada rentenir tersebut.  Paling tidak komitmennya untuk melunasi utang tersebut dan Anda saat ini hanya bisa membantu. 

Caranya :


1.    Tuliskan utangnya

Harus Anda perjelas, bentuk utangnya, berapa bunganya dan prosedur pembayaran hingga tata cara pelunasan utang tersebut.

2.    Lakukan pembayaran dengan meminjam kepada teman atau saudara tanpa bunga
Memang kesannya GLTL (Gali Lubang Tutup Lubang), tetapi ini bisa menjadi solusi jitu agar Anda bisa fokus mencari uang buat melunasi utang tersebut kepada teman Anda, bukan si rentenir.
Serta walau Anda tetap berutang, tetapi lebih fleksibel dalam pembayarannya dan diharapkan bisa menyelesaikan masalah tersebut segera.

3.    Minta bukti tanda lunas
Yang tidak kalah pentingnya adalah meminta bukti tanda pelunasan begitu Anda melunasinya.

4.    Jangan berutang
Pikirkan bagaimana menghasilkan pendaptan lain dan jangan berutang.

Jika Anda dan keluarga masih harus berutang, maka utang tersebut adalah salah satu dari 3 hal berikut :
1.    Kebutuhan yang sangat mendesak atau kondisi mendesak, misalnya anak sakit tiba-tiba, isteri melahirkan lagi dan seterusnya.  Solusi untuk kedepannya, Anda harus memiliki dana darurat.

2.    Mendapatkan aset produktif, misalnya jika Anda masih punya motor, kenapa tidak Anda ojekkan buat menambah pendapatan keluarga.

3.    Mendapatkan aset yang meningkat nilainya.   Setelah Anda lepas dari masalah Anda, ada baiknya Anda kembali memikirkan diri untuk mulai menabung dan berinvestasi, misalnya membeli rumah buat disewakan atau membeli dan menjual kembali tanah yang strategis agar mendapatkan selisih keuntungan.

Selamat melepaskan diri dari jerat rentenir!

 

 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : uang@rol.republika.co.id  SMS 0815 1999 4916.

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

 

Silahkan klik atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Motivator Keuangan, Managing Director WF 19 Technology Inc., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku Laris WealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology Inc., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

Head Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

Hotline Sms : 0815 1999 4916

 

Fri, 3 Oct 2014 @13:32

Copyright © 2017 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved