RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Pelatihan perencanaan keuangan syariah

image

Perencanaan Keuangan Syariah I Hari ‘Soul’ Putra I Financial Motivator I

Pelatihan Perencanaan Keuangan Syariah hanya di 0815 1999 4916 www.P3kCheckUp.com WealthFlow 19 Technology Inc., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencanaan Keuangan). Hubungi 0815 1999 4916 untuk Informasi lebih lanjut.

Perencanaan keuangan syariah adalah sebuah SOLUSI yang seharusnya menjadi bagian utama dari keuangan.  Kenapa di sebut UTAMA, tidak lagi pendukung? Karena perencanaan keuangan syariah adalah bagian terintegrasi dari sistem Akhirat yang dijabarkan dalam bentuk keDuniawian.  Sehingga orang-orang yang berkecimpung di dalamnya, tidak saja pandai mencari, mengelola dan mendistribusikan hartanya kepada hal-hal yang tepat, tetapi juga Insya Allah mendapatkan pahala di Syurganya Allah SWT kelak… Aamiin.

Sahabat WF 19, pernahkah Anda membuka dompet Anda sembari merenung, apa saja isinya, dimana mendapatkannya serta Anda belanjakan untuk apa saja isi dompet Anda tersebut?

Jika belum. Mari kita lihat dengan kebeningan hati yang terdalam, dari mana semua benda-benda tersebut berasal. Kita cek, jika Anda punya uang rupiah, dari mana asal Anda mendapatkan uang rupiah tersebut.  Jika Anda punya uang dalam bentuk kartu yang disebut kartu debit dan kartu kredit, dari mana saja bank penerbit kartu tersebut.  Jika Anda punya uang dinar emas dan dirham perak, dari mana saja Anda mendapatkannya?

Apakah uang-uang atau benda tersebut didapat dengan cara yang halal atau yang haram? Atau memang benda-benda-benda tersebut yang fisiknya memang haram!

Setelah itu mari kita lihat profesi kita, apakah sudah sesuai dengan hukum Allah SWT dan apakah sudah sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran dan moralitas yang ada dimasyarakat.  Itu baru cara mendapatkannya, belum cara menggelola dan mendistribusikan harta tersebut.

Disinilah perlunya perencanaan keuangan syariah, dimensinya tidak hanya dunia semata tetapi juga dimensi ukhrowi. 

 

Dalam kondisi praktis hubungannya dengan perikehidupan kita sehari-hari, apakah uang atau harta yang Allah SWT titipkan tersebut membuat kita SENANG, TEGANG apa TENANG?

Ketika Anda senang mendapatkan harta tersebut, ini adalah hal yang manusiawi, tetapi mengapa banyak sekali yang tegang setelah melewati fase senang.  Tegang karena tahu harta dan uangnya didapatkan dari harta yang tidak halal, tegang karena berhutang dengan cara yang dilaknat oleh Allah SWT dll.

Padahal, ketika Anda mendapatkan uang atau harta tersebut, harusnya TENANG lah yang Anda dapatkan.  Bahwa kita punya banyak keinginan, itu juga sangat manusiawi, tetapi ketenangan dengan meletakkan harta atau uang di tangan bukan di hati adalah lebih dari sekedar manusiawi, tetapi berdampak dimensi spiritual.

Untuk apa punya uang atau harta yang banyak tetapi hidup tidak tenang, alangkah indahnya ketika kita punya banyak uang dan harta dan hiduppun menjadi tenang.

Disinilah perencanaan keuangan syariah masuk dalam wilayah ketenangan.

Dalam perencanaan keuangan syariah, paling tidak ada lima dimensi kebutuhan dasar/primer di luar kebutuhan bersifat sekunder dan tersier.

  • 1.    Pemeliharaan agama

Dimensi kebutuhan dasar yang pertama adalah agama, dengan agama Insya Allah kita tidak akan kacau, tidak akan tersesat.  Dalam istilah filosofisnya tidak menjadi belantara atau perusak alam dan seisinya.  Dengan agama peradaban dibangun untuk manusia, dengan agama juga panduan kebutuhan untuk kita hidup dijadikan panduan atau pedoman, agar kita tidak asal mencari dan mendapatkan harta, tetapi benar-benar sesuai dengan niat dan cara yang benar.  Benar menurut Allah SWT dan benar menurut manusia.

  • 2.    Pemeliharaan jiwa/kehidupan

Jika kebutuhan paling dasar dari setiap manusia adalah penghargaan terhadap JIWA manusia tersebut, dengan pemeliharaan harta seyogyanya timbul respek terhadap perikehidupan. 

Alangkah sedihnya ketika seorang bayi lahir ke dunia tanpa perencanaan, bisa Anda bayangkan siapa yang akan melindungi dan memuliakannya?

Sekarang ini kita lihat di sekitar kita, bayi-bayi dibuang dengan sengaja tanpa ada yang mengasuhnya, dengan alasan ketiadaan keuangan atau sebab lain.  Ketika ketiadaan keuangan dijadikan alasan untuk tidak melindungi dan menghargainya, maka kita sebagai makhluk beradab harus turut merasa bersalah.

Untuk itulah, financial literacy alias melek keuangan perlu diajarkan sedini mungkin karena ini adalah bagian dari fitrah manusia.

  • 3.    Pemeliharaan intelektual/ilmu pengetahuan

Salah satu yang membedakan kita dengan binatang adalah kita manusia memiliki aqal pikiran bukan sekedar otak yang berkapasitas besar.  Dengan aqal pikiran ini kita bisa memelihara intelektual kita dan mewariskannya kepada anak cucu kita kelak.  Dengan intelektual ini, kita menjadi tahu siapa-siapa saja yang telah memakmurkan bumi ini dengan presatasi mulia.

Maka pengetahuan tentang harta dari A hingga Z, profesi-profesi yang diridhoi oleh Allah SWT adalah bagian tidak terpisahkan dari re-generasi pemeliharaan intelektual manusia dan ilmu pengetahuan.

Kesinambungan dalam pemeliharaan intelektual ini adalah hak azasi manusia dan ini adalah ilmu atau hikmah yang Allah SWT berikan kepada kita untuk terus dilestarikan hingga dunia ini berakhir.

  • 4.    Pemeliharaan keturunan

Maksud dasar dari perencanaan keuangan syariah ini adalah agar manusia yang memakmurkan bumi ini tidak punah.  Punah karya-karya besarnya, punah keturunan-keturunannya karena ketidaan harta. 

Dengan harta halal dan toyyib, maka akan menghasilkan pemeliharaan keturunan yang baik juga.  Sehingga masa depan yang direncanakan adalah bagian paling jitu dalam pengelolaan harta benda.

  • 5.    Pemeliharaan harta

Berapa banyak OKB (Orang Kaya Baru) dan OTB (Orang Terkenal Baru) yang terjerumus dalam kenistaan kehidupan.  Cerita Tsalaba yang miskin mendadak kaya, akhirnya diujungnya hidupnya menjadi sengsara jiwanya adalah contoh paling jelas dari cara mengelola harta yang salah.

Bagaimana harta yang tidak digunakan dijalan yang benar akan membuat nista yang punyanya, belum lagi hilangnya keinsyafan dan iman bagi yang tidak kuat diamanahi oleh harta yang banyak.

Proses memproteksi harta agar terus barokah, membuat akumulasi harta sehingga bisa menjalankan rencana-rencana kita di dunia hingga berdampak akhirat serta mendistrubusikannya pada yang berhak akan membuat hidup kita bahagia.

Untuk apa harta berlimpah tetapi jiwa kita sengsara!

 

Jadi disini perencaaan keuangan syariah, tidak sekedar menghindari perilaku konsumtif, mubazir, berlebih-lebihan atau mis-management yang pada akhirnya menyebabkan hilangnya harta yang sudah diamanahkan Allah SWT kepada kita.

Tetapi juga dengan perencanaan keuangan syariah merupakan upaya kita dalam menerapkan hukum Allah SWT di muka bumi.

Sehigga setiap perencanaan dan pendistribusian harta kita merupakan sebuah keharusan yang menyenangkan dalam balutan dan nuansa ibadah kepada Allah SWT.  

Jika ada yang kurang jelas atau Anda ingin mengundang kami sebagai instruktur Pelatihan dalam Pelatihan Perencanaan Keuangan Syariah, baik di perusahaan, organisasi, komunitas dll bisa klik link berikut.


Pelatihan Perencanaan Keuangan Syariah merupakan bagian dari Training Manajemen Keuangan Keluarga Syariah dibawa WealthFlow 19 Technology Inc., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencanaan Keuangan) www.P3KCheckup.com

Selamat membuat Perencanaan Keuangan secara Syariah!

 

 

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

Silahkan Buka www.P3KCheckUp.com atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Motivator Keuangan, Managing Director WF 19 Technology Inc., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku Laris WealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology Inc., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

 

Head Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

Hotline Sms : 0815 1999 4916

 

Tue, 1 Jul 2014 @09:08

Copyright © 2018 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved