RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Tetap tenang dan bijaksana dalam memotivasi keuangan Anda (Keep Calm, Your Financial Motivation Wisely) menghadapi tahun 2014 M (1)

image

Motivasi Keuangan adalah sebuah ilmu yang menggabungkan ilmu perencanaan motivasi (pendekatan psikologi dan sosiologi) dan ilmu perencanaan keuangan (pendekatan ekonomi mikro keluarga). 

Perencanaan keuangan (financial planning) menurut Jack R Kapoor, “The art and science of putting your money to work for you and living with your means."  

Menurut Mike Rini Sutikno,CFP perencanaan keuangan adalah usaha-usaha terarah yang dijalankan berdasarkan panduan dari sebuah rencana keuangan yang berisi cara-cara mengoptimalkan elemen-elemen keuangan pembentuk kekayaan untuk mencapai tingkat kesejahteraan tertentu yang ukurannya selalu berubah karena harapan pelakunya, siklus kehidupan dimana pelaku berada, serta lingkungan yang mempengaruhinya. 

Sedangkan Motivation is reason for doing something, motivasi adalah alasan seseorang untuk melakukan sesuatu.  Atau dalam bahasa lain adalah internal driving force to achieve something in the future, kekuatan untuk mengarahkan diri dalam mencapai sesuatu di masa depan. 

Dari dua disiplin ilmu tersebut ada tools yang dinamakan The SLP ( Supreme Learning Program), sebuah Program Pembelajaran Tertinggi yang menggabungkan alam sadar (sains), alam bawah sadar (motivasi) dan alam super sadar (spiritual).  

Jadi, Motivasi Keuangan dalam perspektif  The SLP (Supreme Learning Program) adalah sebuah langkah perencaanaan tersistematis (baik spiritual, sosial, personal, keluarga dan finansial), dimulai dari sesuatu, yang menghasilkan INSPIRASI dalam bentuk ucapan dan akhirnya melakukan MOTIVASI sebagai sebuah ‘amal/tindakan atau ACTION kongkrit untuk mencapai apa yang diinginkan dimasa depan (baik akhirat maupun dunia). 

 

Sukses 2014 di tahun kuda

Jika kita lihat makna sukses versi tradisi Jawa, sukses bisa dilihat dari 5 hal, yakni punya atau memiliki :

  1. Garwo /isteri
  2. Pusoko /gelar atau pangkat
  3. Turonggo /kendaraan  atau kuda zaman dahulu
  4. Wismo /rumah atau condominium saat ini
  5. Kukilo/klangenan, dahulu biasanya perkutut dll.

Kesemua simbol-simbol sukses di atas, langsung ataupun tidak, terkait erat dengan keuangan.

Khusus untuk yang nomor tiga (kuda) atau kendaraan, walau zaman sudah berganti, pemilik kuda pacuan murni termasuk orang-orang yang sukses, yang memiliki banyak uang. Apalagi jika pacuannya adalah mobil atau motor balap. 

Kebetulan di tahun ini, menurut mitologi China adalah tahun kuda.

Maka saya mencoba membahasnya sedikit tentang tahun kuda ini. 

Awal munculnya tahun-tahun dengan simbolisasi binatang, bermula dari zaman Kaisar Huang TI (Kaisar Kuning) di tahun ke-61 pada masa pemerintahannya.

Jika dalam tradisi China ada istilah 5 unsur (kayu, air, api,tanah, logam), maka untuk menandai siklus musim dikenal denga istilah shio.

Ke-12 shio ini, yakni : Tikus, Macan, Naga, Kuda, Monyet, dan Anjing merupakan kelompok Yang /panas. Sementara, sisanya seperti Kerbau, Kelinci, Ular, Kambing, Ayam, dan Babi termasuk kelompok Yin /dingin.

Konsep keseimbangan selalu dilihat dalam mitologi dan tradisi masyarakat China.

Khusus untuk tahun ini, menurut kalender China adalah tahun Kuda.

Dari simbolnya saja, tahun ini sudah bisa dibilang panas, apalagi jika menilik kuda sebagai binatang cerdas, mandiri, lepas, bebas, tidak terikat pada aturan dan berjiwa merdeka. 

Apalagi jika dikaitkan khusus untuk Indonesia, pergantian pemerintahan dengan sistem suksesi ala demokrasi, memunculkan kekhawatiran dan peluang pada masyarakat. 

 

Dari sisi keuangan, mari kita pikirkan sejenak data berikut :

Apabila ada lebih dari 500 kabupaten/kota di Indonesia yang rata-rata butuh 50 orang anggota DPRD Tingkat 2, serta 33 Provinsi yang juga butuh sekitar 50 orang anggota DPRD Tingkat 1, dan DPR RI, maka akan ada pencalonan sekitar lebih dari 27.000 kursi yang akan diperebutkan oleh para Calon Legislatif di Seluruh Indonesia.
Apabila 1 kursi diperebutkan oleh rata-rata 10 calon legislatif saja, maka akan ada 270.000 orang yang memperebutkan kursi ini. Apabila 1 calon legislatif kemudian 'membelanjakan' uang untuk kampanye dengan rata-rata sebesar Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar, Anda tinggal tambahkan 8 nol sampai 9 nol di belakang angka 270.000 di atas tadi. Sungguh suatu jumlah yang fantastis. Dana sebegitu besar akan terpompa ke dalam perekonomian Indonesia dalam kurun waktu 4 bulan ke depan dalam berbagai bentuk. 

Apa yang akan terjadi dengan uang sebesar itu hilir mudik di depan rakyat Indonesia? 

Sekarang kita lepaskan dahulu kondisi politik ekonominya.

 

Secara umum, jika melihat kondisi perekonomian ke depan, dalam perspektif motivasi keuangan maka ada 3 hal yang selalu menjadi catatan untuk kita perhatikan.

  • Modal kerja

Dalam sebuah keluarga, idealnya memiliki Modal Kerja untuk membiayai semua kebutuhan yang diperlukan.  Modal Kerja ini diperlukan agar setiap keluarga bisa survive dan bisa merencanakan mimpi-mimpi keuangannya.

Idealnya di dapat dari uang sendiri yang disisihkan, yang akhirnya dapat terjadi efek penggandaan dari waktu ke waktu, entah dari bisnis riil atau kerja sama dengan pihak lain.

Ini artinya setiap pribadi dan keluarga di Indonesia, wajib memiliki jaring pengaman keuangan keluarga (baca : http://p3kcheckup.com/article/133334/membentuk-jaring-pengaman-keuangan-keluarga.html )

Apapun profesi Anda, baik pemilik pekerjaan atau orang yang bekerja untuk orang lain, maka masukkan 30% dari pendapatan bulanan Anda untuk Modal Kerja. 

Mandiri dan independen dalam hal keuangan akan membuat Anda lepas dari rasa kekhawatiran.  Apakah pemilu tahun ini akan berjalan lancar atau chaos .

 

Simak hadits berikut, “Barangsiapa meninggal dunia dalam keadaan hutang 1 Dinar / Dirham maka dibayarilah (dengan diambilkan) dari kebaikannya; karena di sana tidak ada lagi Dinar dan Dirham.” (HR. Ibnu Majah). Jika kita masih berhutang, dan belum sempat melunasinya di dunia, maka mulai saat ini tanamkan ZERO DEBT dalam kamus kehidupan keuangan Anda. 

Dalam hadits lain dikatakan, “Penundaan hutang bagi mereka yang mampu adalah satu kedzaliman.” (Riwayat Bukhari – 41/585). 

Semakin cepat Anda bebas dari hutang dengan menghasilkan uang dari modal kerja Anda akan semakin baik. 

Bahkan orang yang mati mulia (mati syahid sekalipun), akan bermasalah di alam akhirat nanti.  Seperti hadits berikut  “Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni, kecuali hutang-hutangnya (HR Muslim).

Modal kerja bukan dari hutang dan sekali lagi, hilangkan hutang dalam diri Anda dan Keluarga.

 

  • Investasi

Jika dahulu untuk bisa hidup beberapa bulan atau tahun ke depan kita cukup menyimpan persediaan makanan dan minuman dan kebutuhan rumah tangga.  Lalu seiring berjalannya waktu, menyimpan saja tidak cukup.

Di era modern muncul istilah menabung, yakni menyisihkan sebagian uang/asset kita untuk masa depan.

Tetapi hari ini ternyata, menabung sudah tidak relevan lagi karena ada faktor inflasi, bukan dari kenaikan alami barang-barang tetapi karena tergerusnya mata uang kertas kita.

Maka mau atau tidak, suka atau tidak, konsep menabung harus di rubah ke istilah investasi, yakni tabungan yang bertumbuh, minimal melewati angka psikologis inflasi pada tahun terakhir kita hitung.

Jadi jika tahun lalu inflasi antatra 5-9%, otomatis investasi yang harus kita lakukan melebihi angka 9% untuk imbal hasilnya, agar kita tetap bisa hidup seperti hari ini kedepannya. 

Coba kita lihat ayat berikut, dalam Qs Yusuf ke-12 : 47 Yusuf berkata: "Supaya kamu bertanam tujuh tahun (lamanya) sebagaimana biasa; maka apa yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan dibulirnya kecuali sedikit untuk kamu makan. 

Jadi jika tadi 30% untuk modal kerja, dalam konteks Nabi Yusuf AS berarti bertanam tujuh tahun (lamanya), maka investasi disini bisa kita alokasikan sebesar 30% juga untuk investasi.  Dalam konteks Nabi Yusuf AS berarti yang kamu tuai hendaklah kamu biarkan dibulirnya.

Ini konsep Simpanan, yang berubah menjadi Tabungan, dan sekarang lebih tepat kita sebut Investasi.  

Investasi disini, walau akan terjadi guncangan, entah karena inflasi atau menunggu presiden terpilih, haruslah tetap dijalankan dalam kerangka investasi jangka panjang.

 

  • Konsumsi

Meneruskan sisanya, alangkah baiknya dalam pembagian konsumsi, cukup 40% saja yang kita gunakan, agar hasil dari modal kerja dan investasi di atas, bisa dijalankan secara lebih optimal. 

Karena konsumsi rumah tangga kita dan keluarga masyarakat pada umumnya, masih menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi negara kita, untuk itu sektor konsumsi harus tetap di produktifkan.

Selalu berfikir dan bertanya secara kritis, apakah barang-barang yang kita akan konsumsi baik barang ataupun jasa bisa menghasilkan uang (masuk ke kantong kita)? 

Kalo iya, akan baik sekali dilakukan. Jikapun tidak, minimal yang kita beli adalah yang benar-benar kita butuhkan, bukan sekedar keinginan semata. 

Setelah melihat dari ke tiga aspek ini, apa langkah taktis agar kita tetap bisa survive dan signifikan dalam memenej motivasi dan keuangan kita?

 

Bersambung...

Silahkan klik link di bawah ini

http://p3kcheckup.com/article/133652/tetap-tenang-dan-bijaksana-dalam-memotivasi-keuangan-anda-keep-calm-your-financial-motivation-wisely-menghadapi-tahun-2014-m-2.html

 

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

Silahkan Buka www.P3KCheckUp.com atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Motivator Keuangan, Managing Director WF 19 Technology Inc., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku Laris WealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology Inc., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

 

Head Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

Hotline Sms : 0815 1999 4916

 

Branch Office : Jl. Juragan Sinda IV No. 16 D Beji Depok 16425

 

Financial Clinic : d.a Pusat Sehati Indonesia

Jl. Danau Kelimutu Duta Pakuan C3 / 28 Bogor Jawa Barat 16144

Telp/Fax. (0251) 8318 230

Hotline Sms : 0815 1999 4916

 

Copyright © 2018 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved