RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Merancang Keuangan Islami untuk Keluarga (1)

image

Jumat, 11 Oktober 2013, 12:02 WIB

http://www.republika.co.id/berita/konsultasi/motivasi-keuangan/13/10/10/mufox5-merancang-keuangan-islami-untuk-keluarga-1

REPUBLIKA.CO.ID, Assalamu’alaikum Waramatullah Wabarakatuh, Salam kenal Uda Hari ‘Soul’ Putra. Senang mendapat pencerahan keuangan dari Uda di Republika Online.  Di tempat saya tinggal, sosialisasi ekonomi syariah semakin gencar digalakkan.  Sebagai keluarga muda, kami ingin hidup dan mengelola keuangan keluarga kami sesuai dengan cara-cara Islami.  

Pertanyaan saya, bagaimana sebenarnya prinsip atau cara mengelola keuangan Islami buat keluarga, apakah dengan menabung dan berinvestasi di bank atau pasar modal syariah, sudah bisa dibilang mengelola keuangan secara Islami?

Syukran Katsiran

 

Citra

Padang

 

Jawaban WF 19

Wa’alaikumsalam Waramatullah Wabarakatuh

Salam kenal juga Uni Citra :-)

Semoga Konsultasi Motivasi Keuangan di Republika Online ini, semakin banyak yang membaca, lalu terinspirasi dan bisa memotivasi untuk melaksanakannya.

Untuk hal mendasar perbedaan perencanaan keuangan konvensional dengan perencanaan keuangan Islami, Uni bisa membaca kembali di link berikut ini http://www.republika.co.id/berita/konsultasi/motivasi-keuangan/13/06/17/moimr6-beda-perencanaan-keuangan-konvensional-dan-islami .

Mengelola keuangan secara Islami sebenarnya sudah ada panduannya baik di Al Quran maupun Sunnah dari Rasulullah Muhammad SAW.  Kita hanya tinggal mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya dan membreakdown menjadi langkah-langkah STP (Strategi-Taktik-Pelaksanaan).

Sebelum ke keuangan keluarga, sebaiknya Uni memilih model keluarga seperti apa dulu yang ada di Quran dan Sunnah maupun sirah/sejarah hidup Nabi dan Rasul serta para Sahabat, termasuk 3 generasi terbaik di era 'Amal Ahlul Madinah.

Untuk model keluarga, uni bisa mencontoh keluarga pasangan Rasulullah Muhammad SAW dan Bunda Siti Khadijah Al Kubro RA atau para Nabi/Rasul yang lain seperti Siti Hajar (isteri Nabi Ibrahim AS) dll.

Untuk model keuangan keluarga, bisa mengambil hikmah dari model keuangan Nabi Yusuf AS dengan pola per 7 tahun ataupun Nabi Nuh AS yang melakukan ‘penyimpanan aset’ dikarenakan akan ada bencana dll.

Bisa juga model struggle -nya Siti Hajar yang ‘ditinggal’ oleh Nabi Ibrahim AS untuk berdakwah dan menjalankan perintah Allah SWT di padang pasir nan tandus, hingga akhirnya membangun komunitas Muslim dengan Ka’bah sebagai pusatnya.

Setelah memilih model rumah tangganya, barulah perencanaan keuangan secara Islami diterapkan. Tentunya, pengelolaan keuangannyapun mengikuti kalender hijriyah.  Dimana pada kalender ini, dimulai dari garis pergantian hari, pada waktu maghrib.  Yang hikmahnya, kita memulai dengan charging spiritual dahulu, baru personal & keluarga hingga sosial di masyarakat.

Hal ini dikarenakan erat kaitannya dengan kebutuhan pemenuhan kewajiban keuangan keluarga seperti utang, pendidikan anak, persiapan ramadhan, qurban, haji dll.

Apakah dengan menabung dan berinvestasi di bank atau pasar modal syariah, sudah bisa dibilang mengelola keuangan secara Islami?

Bank Syariah dan Pasar Modal Syariah hanyalah instrumen keuangan, sementara yang esensinya adalah hidup bersandarkan Islamic way of life , dimana dari hulu ke hilir harus berpedoman kepada aturan al Quran dan As Sunnah.

 

 

(bersambung ke bagian 2 )

 

 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : uang@rol.republika.co.id  SMS 0815 1999 4916.

 

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

Silahkan Buka www.P3KCheckUp.com atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Finansial Motivator, Managing Director WF 19 Technology Inc., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku Laris WealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology Inc., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

 

Head Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

Hotline Sms : 0815 1999 4916

 

Branch Office : Jl. Juragan Sinda IV No. 16 D Beji Depok 16425

 

 

 

Copyright © 2021 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved