RSS Feed
logo
Cek Nama Domain

Cek Nama Domain ?

PEMBICARA - PENULIS - PERENCANA KEUANGAN
Artikel Terbaru
Arsip
21 step's to be real entrepreneur

New Release Book

DARI PRAKTISI P3K
image

Hari 'Soul' Putra

Financial Motivator


Penemu The Supreme Learning Program
Statistik Pengunjung

image

 

 

 

 

 

FB Motivasi Keuangan

 

WealthFlow 19 & Business Advisory
Mau Nambah Passive Income
Bimbel Bisnis Online
Media Strategic Partner
Radio Internet

Permainan Seru Ajarkan Uang untuk Anak

image

Monday, 10 June 2013, 16:58 WIB

http://www.republika.co.id/berita/konsultasi/motivasi-keuangan/13/06/08/mo229t-permainan-seru-ajarkan-uang-untuk-anak

REPUBLIKA.CO.ID, Pak Hari ‘Soul’ Putra, perkenalkan, saya seorang guru di Madrasah ‘Ibtidaiyah Negeri (MIN). Sebentar lagi sekolah kami mau liburan kenaikan kelas.

Saya dan beberapa guru-guru di sini mau mengadakan outbound bagi anak-anak kelas satu hingga dua yang bertemakan keuangan.  Kira-kira materi keuangan seperti apa yang efektif buat anak-anak usia 6-8 tahun tersebut.

Terima kasih atas saran dan informasinya.

Atik

Batam

 

Jawaban WF 19

Untuk mengajarkan makna uang pada anak, guru bisa melakukan dengan menyiapkan permainan seru. Caranya, bisa dengan menyiapkan macam-macam uang seperti uang kertas, uang koin logam, syukur-syukur bisa uang koin dirham perak dan uang koin dinar emas.

Setelah itu ibu dan guru-guru mulai melakukan ice breaking dengan mengajak anak-anak tersebut membuat yel-yel kelompok dan bermain baris-berbaris.

Sembari menyanyikan lagu-lagu anak yang memotivasi, anak didik dibagi sesuai nama kelompok seperti kelompok Dollar, Rupiah, Dinar, Dirham, Euro dll.

Masing-masing kelompok, diberi 30 koin (pecahannya bisa Rp 50, 100, 500 atau 1000, bisa juga Koin Dirham Perak dalam berbagai pecahan ½, 1, 2, 5, 10 dan 20 dirham, jika tidak ada bisa menggunakan uang kertas).

Di depan masing-masing kelompok, ada 3 kotak atau toples kosong berisi tulisan ATM (Amal, Tabungan, Makan/minum/jajan). Total kotak atau toples kosong ada 24.

Setelah berbaris dari barisan paling depan hingga belakang, fasilitator memberi kepada maing-masing ketua kelompok, 30 koin tadi dalam kotak kepada barisan paling belakang dari kelompoknya masing-masing dan menghitung berapa jumlah koin yang diterima.

Setelah masing-masing menerima 30 koin, tugas dari barisan paling belakang adalah memindahkan/transfer dari bagian belakang ke barisan depan. Peserta yang berada di depanlah yang memutuskan untuk memasukkan kemana dari 3 kotak/toples tadi (Amal, Tabungan atau Makan/minum/jajan).

Setelah semuanya siap di tempat masing-masing, fasilitator memberi aba-aba dengan meniup peluit atau terompet untuk dimulainya perlombaan KOIN BERJALAN. 

Adapun kriteria pemenang perlombaan adalah yang tercepat dan terbanyak memasukkan koinnya (bisa disepakati oleh fasilitator, apakah yang paling banyak memasukkan ke dalam kotak/toples di Amal, Tabungan atau Makan/minum/jajan).  

Baru setelah itu dijelaskan, sembari membuat lingkaran, esensi dari permainan tadi dan fungsi dari anak-anak memasukkan ke dalam 3 tempat tadi Amal, Tabungan atau Makan/minum/jajan.

Setelah istirahat, permainan bisa dilanjutkan dengan mengenalkan bentuk-bentuk uang, nilai uang, menghitung uang, membeli atau membayar  sesuatu barang/jasa dengan uang serta bagaimana cara mendapatkan uang.  

Untuk lebih jelasnya ibu bisa berkonsultasi secara teknis kepada team Finansial Motivator atau Finansial Planner kami lewat sms ke no 0815 1999 4916, bagaimana menyelenggarakan Outbound Keuangan di tempat ibu.

Selamat Bermain ‘Uang’ secara Cerdas!

 

 

Kolom ini diasuh oleh WealthFlow 19 Technology Inc.,Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas). Pertanyaan kirim ke email : uang@rol.republika.co.id  SMS 0815 1999 4916.

 

Anda tertarik mempelajari penggabungan ilmu motivasi dan financial planning ?

Silahkan Buka www.P3KCheckUp.com atau Sms ke No 0815 1999 4916 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

 

Hari ‘Soul’ Putra (Finansial Motivator, Managing Director WF 19 Technology Inc., Ketua Gerakan Indonesia EMAS 2029, Penulis Buku Laris WealthFlow 19 – Rahasia tentang Uang, Kekayaaan dan Kesejahteraan, Penerbit Gramedia)

 

1 OUTCOME, 9 INCOME = SUPER WEALTHY PERSON

 

Untuk Informasi Ceramah, Training, Workshop dan pemesanan buku bisa menghubungi :

Sms            : 0815 1999 4916 

Twitter        : twitter.com/h4r1soulputra

http://id.linkedin.com/pub/hari-soul-putra/67/71b/20a/

Website      : www.p3kcheckup.com

 

WealthFlow 19 Technology Inc., Motivation, Financial & Business Advisory (Lembaga Motivasi dan Perencana Keuangan Independen berbasis Sosial-Spiritual Komunitas)

 

Offfice: Jl. Raya Pasar Ahad No. 4 Triloka 1 Blok N 1 Pancoran Jaksel 12780   Phone (62-21) 70 380 692 Fax (62-21) 70 380 692

 

Copyright © 2018 - 2009 SMCorp. · All Rights Reserved